Dapatkan promo menarik JUTAAN Rupiah di bulan ini dengan membeli sepeda motor di Astra Motor Kebumen
Menu
Model
Beranda » Berita » Imbas Krisis Semikonduktor

Imbas Krisis Semikonduktor

Dipublish pada 23 May 2022 | Dilihat sebanyak 151 kali | Kategori: Berita

Jakarta – PT Astra Honda Motor jadi salah satu industri otomotif yang mengalami krisis semikonduktor. Imbasnya membuat laju produksi tidak maksimal, konsumen harus bersabar menunggu sepeda motor sampai ke rumah hingga satu bulan.
Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya mengatakan terjadi koreksi penjualan motor di kuartal pertama tahun 2022. Salah satu faktornya ialahkarena krisis chip semikonduktor.

“Tahun ini total pasar itu pada quarter satu di 1.262.000, dan kami AHM ada dampak negatif, itu kami di 951 ribu. Sehingga sedikit menurun dibanding tahun lalu, kurang lebih 5 persen. Memang ada beberapa kendala terkait dengan kondisi global terkait dengan shortage material di semikonduktor, dan itu terdampak di kami,” kata Thomas Wijaya saat bincang virtual, Senin (25/4/2022).

Soal modelnya, Thomas menjelaskan menyasar kepada skuter matic (skutik). Namun ia tidak merinci apakah modelnya BeAT atau PCX 160, soal komponen yang terdampak disebutkan ialah pada bagian speedometer.

“Jadi (model motor yang terimbas krisis chip) memang khususnya di tipe matic itu kurang lebih beberapa tipe, mungkin plus minus, konsumen itu perlu menunggu kurang lebih satu bulan,” ujar Thomas.

“Segmen yang entry level sampai mid level. Segmen high end dan premium itu tidak terkena,” jelas Thomas.

Dampak krisis chip semikonduktor tak lepas dari pandemi COVID-19 yang telah melanda seluruh dunia. Hal ini membuat pemasok chip kesulitan untuk memproduksi dan mengirimnya. Tak hanya perusahaan elektronik, pabrikan otomotif harus memangkas produksi dan berpengaruh pada penjualan unit secara menyeluruh

“Selain demand dan elektronik, Rusia perang Ukraina, ada dampaknya juga karena banyak juga dapat dari negara perang tersebut, apakah salah satu gas proses pembuatan chip mengalami shortage,” ucap Thomas.

Namun, Honda mengatakan perbaikan akan dilakukan secara bertahap, usai lebaran selesai. “Harapan kita segera bisa memenuhi permintaan konsumen, sudah ada solusi, Setelah lebaran kita back recovery,” ujar Executive Vice President Director Astra Honda Motor, Johannes Loman.

Sumber :  https://oto.detik.com/motor/d-6050812/imbas-krisis-semikonduktor-inden-motor-matic-honda-jadi-sebulan.

 

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Sales People Award 2019

Dipublish pada 3 March 2020 | Dilihat sebanyak 999 kali | Kategori: Penghargaan

  Sales People Award 2019 merupakan rangkaian kegiatan ajang penghargaan tahunan kepada seluruh marketing atau salesman di seeluruh Indonesia. Diselenggarakan oleh PT Astra International Tbk di Jakarta. Astra Motor Kebumen dalam hal ini mengirimkan beberapa eksecutive marketingnya yang terpilih dalam... selengkapnya

Sales Terbaik 2 Periode Tahun 2019

Dipublish pada 13 May 2020 | Dilihat sebanyak 1.484 kali | Kategori: Penghargaan

Setiap tahun Astra Motor Kebumen melakukan penghargaan terbaik untuk para sales atau marketingnya. Ajang ini merupakan penghargaan dan pemberian reward khusus atas prestasi yang diperoleh setiap sales atau marketing. pengharrgaan di rangking berdasarkan volume penjualan terbanyak selama satu tahun yaitu... selengkapnya

Sales Executive Terbaik 1 Periode Tahun 2020

Dipublish pada 8 July 2021 | Dilihat sebanyak 848 kali | Kategori: Penghargaan

Penghargaan Sales Executive Terbaik Periode Tahun 2020 Diberikan langsung oleh Branc Head Astra Motor Kebumen Bpk. Anjar Nurgama Syukur Alhamdulilah saya berhasil meraih Terbaik 1 semua berkat respon yang baik dari para customer baru maupun customer RO, Saya ucapkan banyak... selengkapnya